Sabtu, 07 Mei 2011

Terms of Refrence Tabligh Akbar COMMUNITY OF SANTRI SCHOLARS MINISTRY OF RELIGION AFFAIR (CSS MoRA) UNIVERSITAS GADJAH MADA

Terms of Refrence Tabligh Akbar
COMMUNITY OF SANTRI SCHOLARS MINISTRY OF RELIGION AFFAIR
(CSS MoRA)
UNIVERSITAS GADJAH MADA
“Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme melalui Tausiyah Sejarah dan Budaya di Bulan Puasa”

Tema : Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme melalui Tausiyah Sejarah dan Budaya di Bulan Puasa
Pembicara : Cak Nun
Waktu : Jumat, 19 Agustus 2011 pukul 13.00 – 18.00 WIB
Tempat : Purna Budaya Universitas Gadjah Mada

1. Latar Belakang
Community of Santri Scholars Ministry of Religion Affair Universitas Gadjah Mada (CSS MoRA UGM) merupakan komunitas yang menaungi para mahasiswa yang menerima beasiswa dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang sedang menempuh kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dalam komunitas ini, terdiri atas ketua dan beberapa departemen. Salah satu departemennya adalah Departemen Pengembangan, Pemberdayaan Pesantren dan Masyarakat (P3M). Sesuai dengan namanya, departemen tersebut berfungsi untuk mengembangkan dan memberdayakan pesantren dan masyarakat yang ada di sekitarnya.
Berdasarkan fungsi yang telah disebutkan di atas, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66 sekaligus buka bersama, departemen P3M CSS MoRA UGM menyelenggarakan Tabligh Akbar yang mengangkat tema Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme melalui Tausiyah Sejarah dan Budaya di Bulan Puasa.
Akhir-akhir ini, timbul masalah sosial yang semakin kompleks pada bangsa Indonesia, yang terjadi mulai dari penguasa bangsa sampai rakyat jelata. Misalnya kasus korupsi yang semakin membabi buta dan tidak ada ujungnya yang mengakibatkan kehidupan rakyat jelata bergejolak. Dengan demikian, tidak heran jika aksi demonstrasi semakin meningkat, aksi kerusuhan terjadi dimana-mana, aksi kekerasan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, bahkan aksi-aksi penipuan dan pemerasan berkedok agama seperti Negara Islam Indonesia (NII) pun juga berkembang.
Sebenarnya, semua fakta di atas terjadi karena jiwa nasionalisme bangsa yang dimiliki oleh setiap individu semakin luntur dari dirinya. Sikap menghargai terhadap nilai sejarah dan budaya bangsa semakin terlupakan. Maka dengan adanya Tabligh Akbar di bulan ramadhan nanti, diharapkan dapat menjadi solusi untuk menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme bangsa dan mengingatkan kembali akan pentingnya sikap menghargai terhadap nilai sejarah dan budaya bangsa.


1. Kondisi peserta
Peserta adalah mahasiswa anggota CSS MoRA UGM, mahasiswa UGM, dan masyarakat umum.

2. Silabus Materi
a. Identifikasi masalah sosial yang sering terjadi pada bangsa Indonesia
b. Kiat menumbuhkan nasionalisme, menumbuhkan sikap menghargai nilai sejarah dan budaya bangsa
c. Hikmah ibadah puasa dan hubungannya dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme, sikap menghargai nilai sejarah dan budaya bangsa.

3. Tujuan
Mahasiswa dan masyarakat memahami pentingnya ibadah puasa, nasionalisme, nilai sejarah, dan budaya bangsa dalam mewujudkan kontribusinya pada program pembangunan bangsa yang makmur dan sejahtera.

4. Target
Tercapainya tujuan Tabligh Akbar secara menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar